Tugas Pert.3 Manajemen Layanan Sistem Informasi
Perubahan manajemen
1) Perubahan
manajemen
A. Maksud dan tujuan
Pengertian Perubahan
Kehidupan manusia dan organisasi
selalu bergerak dan diliputi oleh perubahan secara berkelanjutan. Perubahan terjadi
karena lingkungan internal dan eksternal. Perubahan berarti bahwa kita harus
mengubah dalam cara mengerjakan atau berpikir tentang sesuatu. Perubahan
tersebut dapat terjadi pada struktur organisasi, proses mekanisme kerja, SDM,
dan budaya.
Tujuan Perubahan
Tujuan perubahan disatu sisi untuk
memperbaiki kemampuan organisasi dalam menyesuaikan didi dengan perubahan
lingkungan dan disisi lain, mengupayakan perubahan perilaku karyawan untuk
meningkatkan produktivitasnya. Perubahan harus dilakukan secara hati-hati
dengan mempertimbangkan berbagai hal agar manfaat yang ditimbulkan oleh
perubahan harus lebih besar daripada beban kerugian yang harus ditanggung.
B. Konsep dasar
Manajemen Perubahan :
suatu upaya
yg dilakukan manajemen guna melakukan perubahan berencana dengan menggunakan
jasa/ bekerjasama dengan intervenis/ konsultan. Agar organisasi tersebut tetap
survive dan bahkan mencapai puncak perkembangannya.
Macam2 Perubahan :
a) Perubahan
tidak berencana :
() Perubahan karena perkembangan (
Developmental Change)
() Perubahan secara tiba-tiba (Accidental
Change)
b) Perubahan berencana :
() Perubahan yg
disengaja/ bahkan direkayasa oleh pihak manajemen
C. Kegiatan
1) Suatu perubahan seringkali tidak
ada awal dan akhir yang jelas.
2) Suatu perubahan yang efektif
dapat dimulai dengan perbaikan dalam beberapa bidang tertentu.
3) Suatu perubahan harus berjalan
sekaligus, baik secara top-down maupun bottom-up.
4) Suatu perubahan organisasi
memiliki dimensi pribadi yang penting.
5) Dilakukannya suatu pengukuran
adalah kunci bagi suatu perubahan yang berhasil dan berkelanjutan.
D. Hubungan dengan proses manajemen
layanan lainnya
Hal selanjutnya yang perlu
dipikirkan adalah mengenai profil orang – orang yang terlibat dalam perubahan.
Profil orang-orang tersebut seharusnya dapat mengorganisasi informasi dari
semua orang terlibat dalam upaya perubahan. Setiap orang akan mempunyai
prioritas dan minat yang berbeda, berdasarkan fungsi mereka. Kebijaksanaan dan
diplomasi harus digunakan ketika mempresentasikan tujuan perubahan kepada
kelompok. Pesan yang sama harus disampaikan kepada semua orang, bagaimanapun
pentingnya, perlu dicermati hal-hal khusus yang banyak relevansinya kepada kelompok.
2) Penyebaran
manajemen
A.
Maksud dan
tujuan
Tujuan
ITIL Release dan Manajemen Deployment
bertujuan untuk merencanakan, jadwal dan mengontrol pergerakan rilis untuk
menguji dan lingkungan hidup. Tujuan utama dari Manajemen Pers dan Manajemen
Deployment adalah untuk memastikan bahwa integritas lingkungan hidup dilindungi
dan bahwa komponen yang benar dilepaskan.
B. Konsep dasar
Pada dasarnya, kegiatan dan tujuan
proses proses Release dan Deployment Manajemen di ITIL V3 identik Release
Management di ITIL V2. ITIL V3 Manajemen Siaran memberikan rincian jauh lebih
di bidang perencanaan Release dan pengujian; ini menyebabkan penambahan dua
proses khusus yang dimasukkan di bawah Manajemen Pers dalam versi ITIL
sebelumnya: Manajemen Proyek - Perencanaan Transisi dan Dukungan , dan Layanan
Validasi dan Pengujian .
C.
Kegiatan,
metode, dan teknik
Release Manager bertanggung jawab
untuk perencanaan dan pengendalian gerakan Pers untuk menguji dan lingkungan
hidup. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa integritas lingkungan
hidup dilindungi dan bahwa komponen yang benar dilepaskan.
D. Hubungan dengan proses manajemen
layanan lainnya
1.
Dukungan Manajemen rilis
Proses Tujuan: Untuk memberikan pedoman dan dukungan untuk penyebaran Pers .
2.
Perencanaan rilis
Proses Tujuan: Untuk menetapkan Perubahan berwenang untuk Rilis Paket dan
untuk menentukan ruang lingkup dan isi dari Pers. Berdasarkan informasi
ini, proses Perencanaan Rilis mengembangkan jadwal untuk membangun, pengujian
dan menyebarkan rilis tersebut.
3.
Dukungan Hidup Awal
Proses Tujuan: Untuk mengatasi
masalah operasional cepat selama periode awal setelah penyebaran
Rilis , dan untuk menghilangkan kesalahan yang tersisa atau
kekurangan.
3) Pemenuhan
permintaan
A. Maksud dan tujuan
tujuan proses pemenuhan permintaan
adalah:
Sumber dan memberikan komponen layanan standar
yang diminta Membantu dengan informasi General, keluhan atau komentar
B. Model permintaan
Permintaan pemodelan menggunakan
metode statistik dan intelijen bisnis masukan untuk menghasilkan perkiraan permintaan
akurat dan efektif mengatasi variabilitas permintaan. Permintaan modeling
menjadi lebih penting karena peramalan dan manajemen persediaan sedang rumit
dengan meningkatnya jumlah item yang bergerak lambat, yang disebut "ekor
panjang" dari berbagai produk, banyak yang memiliki pola permintaan tak
terduga di mana khas "normal distribusi "asumsi yang digunakan oleh
model tradisional sama sekali tidak memadai. Dalam skenario ini, berhasil
mengelola perkiraan dan persediaan memerlukan canggih permintaan dan pemodelan
persediaan teknologi untuk andal mendukung tingkat layanan yang tinggi.
C. Hubungan dengan proses manajemen
layanan lainnya
Layanan Permintaan Pemenuhan Grup
mengkhususkan diri pada pemenuhan jenis tertentu Permintaan layanan . Biasanya,
Tingkat 1 Dukungan akan memproses permintaan sederhana, sementara yang lain
diteruskan ke Pemenuhan Grup khusus.
4) Manajemen
operasi IT
A. Maksud dan tujuan
manajemen operasional TI adalah
proses pengelolaan infrastruktur TI sehari-hari termasuk pengelolaan
provisioning, kapasitas, kinerja dan ketersediaan lingkungan komputasi,
jaringan dan aplikasi. manajemen operasional TI sangat penting untuk organisasi
TI yang bertanggung jawab untuk memberikan efisien layanan berkualitas tinggi
dan aplikasi dalam mendukung bisnis digit
B. Konsep dasar
Operasi teknologi informasi, atau
operasi TI, adalah himpunan semua proses dan layanan yang baik ditetapkan oleh
TI staf untuk internal atau eksternal mereka klien dan digunakan sendiri, untuk
menjalankan dirinya sebagai bisnis .
C. Hubungan dengan proses manajemen
layanan lainnya
Meja layanan: Menangani beberapa
teknologi dan perangkat melalui server cloud terpusat. Sebuah proses operasi
sederhana menangani tiket Anda, manajemen konfigurasi, manajemen aset, perubahan
dan rilis. Semuanya hanya dengan sekali klik dan Anda dapat memantau dari
lokasi manapun. Tidak ada lagi mendapatkan terpaku kursi Anda atau risiko
hilang setiap pembaruan penting.
Singkirkan tugas biasa: Apakah Anda
menghabiskan sebagian besar waktu Anda menyortir melalui tiket dan menugaskan
ke orang yang tepat? Membuat sederhana itu! Hanya menetapkan aturan dengan
Freshservice dan tugas-tugas otomatis dibuat. Fitur seperti Responses Kaleng,
Scheduler yang membantu Anda bekerja lebih cerdas; Meja layanan otomatis kami
akan memberikan operasi TI Anda tangan membantu yang Anda butuhkan buruk.
5) Aplikasi
manajemen
A. Maksud dan tujuan
Tujuan
ITIL Aplikasi Manajemen bertanggung jawab
untuk mengelola aplikasi di seluruh siklus hidup mereka. Proses ini memainkan
peran penting dalam aspek terkait penerapan merancang, pengujian, operasi dan
meningkatkan layanan TI, serta dalam mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan
untuk mengoperasikan aplikasi organisasi TI. Aplikasi Manajemen merupakan
kegiatan yang sedang berlangsung, sebagai lawan Pengembangan Aplikasi yang
biasanya satu kali set kegiatan untuk membangun aplikasi.
B. Konsep dasar
Terdapat enam fungsi teknologi
informasi, yaitu: Menangkap (Capture) Menangkap disini dapat diartikan sebagai
menginput. Misalnya menerima inputan dari mic, keyboard, scanner, dan
lain-lain. Mengolah (Processing) Mengolah atau memproses data masukkan yang
diterima untuk menjadi informasi. Pengolahan dan pemrosesan data dapat berupa
mengkonversi, menganalisis, dan menghitung (kalkulasi). Menghasilkan
(Generating) Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang
berguna atau laporan yang dapat dimengerti oleh orang lain. Misal laporan,
tabel, grafik, gambar, dan lain-lain. Menyimpan (Storage) Merekam atau
menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk
keperluan lain. Contohnya adalah menyimpan ke hard disk, flash disk, tape, dan
lain-lain. Mencari Kembali (Retrival) Menelusuri dan mendapatkan kembali
informasi atau mengkopi data dan informasi yang sudah tersimpan. Misalnya
mencari data penjualan yang sudah disimpan sebelumnya. Mentransmisi
(Transmission) Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain
melalui jaringan komputer. Misalkan mengirimkan data penjualan dari user A ke
user yang lainnya.
C. Hubungan antara aplikasi manajemen
dan pengembangan aplikasi
Aplikasi Analyst adalah peran
Manajemen Aplikasi yang mengelola aplikasi di seluruh siklus hidup
mereka. Ada biasanya satu Aplikasi Analyst atau tim analis untuk setiap
aplikasi utama. Peran ini memainkan peran penting dalam aspek terkait
penerapan merancang, pengujian, operasi dan meningkatkan layanan TI. Hal
ini juga bertanggung jawab untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan
untuk mengoperasikan aplikasi yang diperlukan untuk memberikan layanan TI.
SUMBER :
https://freshservice.com/it-operation-management-software
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.referenceforbusiness.com/management/Ob-Or/Operations-Management.html&prev=search
http://www.kompasiana.com/raffiansyahjc/fungsi-dan-peranan-teknologi-informasi-aplikasi-software-bagi-perusahaan_5656f3cb159373db144f054d
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://wiki.en.it-processmaps.com/index.php/ITIL_Application_Management&prev=search
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.referenceforbusiness.com/management/Ob-Or/Operations-Management.html&prev=search
http://www.kompasiana.com/raffiansyahjc/fungsi-dan-peranan-teknologi-informasi-aplikasi-software-bagi-perusahaan_5656f3cb159373db144f054d
https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://wiki.en.it-processmaps.com/index.php/ITIL_Application_Management&prev=search
Komentar
Posting Komentar